Kamis, 20 Januari 2011

Masih Tanggal 20?!

Hari ini tanggal 20 Januari, dan akhir bulan masih lama rasanya.. huft! Uang kiriman sudah menipis dan masih ada sebelas hari tersisa untuk mencapai awal bulan depan.

Tau gak, sejak jadi mahasiswa, rasanya perasaan kaya gini jarang banget saya alami karena saya anak yang manja #confession. Saya gak pernah punya jumlah uang bulanan yang pasti. Orang tua sih sekali ngirim gak banyak, pas malah, tapi saya gak pernah punya planning sejumlah uang itu bakal bertahan sampai berapa lama. Kalo habis, ya minta lagi, dan (dengan berat hati) mau gak mau orang tua harus ngirim duit lagi. 

Selalu begitu sampai terakhir beberapa hari lalu, Mamah dengan tegas bilang "Pakai uang baik-baik ya! Kamu gak akan dikirimin lagi sampai akhir bulan!." Padahal ya, waktu Mamah bilang gitu, uang di ATM bener-bener udah menipis. Ga ada budget extra buat yang lain selain makan dan ongkos kampus-kosan. Weks! Wajar sih, soalnya bulan ini saya sudah dikirm cukup banyak buat bayar kosan, bikin rekening baru di bank (gara-gara atm expired dan buku tabungan yang sempat hilang), belum lagi ada banyak pengeluaran lain buat adek-adekku yang merantau juga dan keperluan rumah tangga.

Dengan segala fakta yang ada, respon saya kali ini berbeda dari biasanya yang masih suka rengek-rengek kalo uang udah menipis gini. Yang sekarang saya pikirkan adalah bagaimana bertahan dengan jumlah uang yang (sangat) pas-pasan ini sampai akhir bulan?! Dan mulailah sekarang saya berhemat. Saya gak beli makanan jadi, tapi telur, korned, menghabiskan sisa oatmeal yang sebenarnya saya gak terlalu doyan, beli roti buat sarapan, pokonya sembako aja gitu. Sambil memanfaatkan fasilitas dapur kosan dan nebeng masak nasi di Upe (saya gak punya rice cooker). Wew, saya merasa cukup hebat bisa bertahan sampai hari ini dengan cara seperti ini. Makasih Tuhan! :)

Dalam situasi seperti ini, sebenarnya ada beberapa kekurangan yang saya sadari dari diri saya. Salah satunya, saya suka gak punya batas dan target untuk diri sendiri. Pengendalian diri yang buruk lah pokoknya. Kalau saya mau makan itu ya beli aja, gak mikir harga, bahkan kandungan gizi dalam makanan itu. Kalau saya mau bangun pagi ya bangun, siang ya siang, suka-suka saya aja yang akhirnya bikin banyak hal yang harus dikerjakan pagi-pagi terbengkalai. Kalau saya mau tidur ya tidur, gak peduli tugas belum selesai, kalo gak ada deadline yang benar-benar mematikan ya saya tidur dulu baru tar ngerjainnya. Dan masih banyak lagi "hal suka-suka" dalam hidup saya yang setelah dipikir-pikir kok kacau sekali ya. Buat saya maupun lingkungan saya.
Oh no!! Mamah, Papah, Yosua, Roi, maafkan saya ini.. kenapa baru nyadar sekarang ya.. :(

Masih ada 11 hari ke depan, semoga saya bisa lebih belajar lagi mengenai pengendalian diri alias self management dengan baik. Huft, a little too late to start over, but as long as I live, I'll try to fix it.. Help me God!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar