Jumat, 21 September 2012

My (new) Routine

Tadi pagi aku kebangun sama alarmku yang udah berkoar-koar dari jam 04.00 WIB aka 06.00 WIT. Aku telat bangun! Udaranya dingin karena sejak semalamnya, Jayapura diguyur hujan. Biasanya pagi udah sisa rintik-rintik atau mendungnya saja, pagi Jumat kali ini berhujan deras sekali. Dalam kondisi kelabakan karena telat bangun dan hujan deras, aku berdoa sebentar sebelum beranjak dari kasur ke kamar mandi. Byur! Airnya dingin tapi hajar bleh!

Satu hal yang langsung aku ingat waktu denger suara hujan adalah sms Mrs. Ganis buat nebeng mobilnya ke sekolah bareng. Yup, I call her Mrs just like everyone in school calls me Ms. Ini panggilan baru yang aku punya sejak 14 Juli 2012 lalu. Berhubung sekolahanku ini sekolah national plus, jadi bahasanya juga Indonesia English gitu :)

Kira-kira beginilah rutinitasku tiap pagi sekarang-sekarang ini. Bangun pagi langsung buru-buru mandi, dandan (bener-bener pake make-up), dan cari-cari seragam yang berupa setelan kemeja putih, celana kain hitam, sweater merah, scarf merah, dan high heels. Abis itu sambil dandan biasanya mamah menjejalkan nasi atau susu ke mulutku karena kalau gak gitu aku pasti gak akan keburu sarapan. Dan kalau jam udah menunjukkan pukul 7 biasanya juga papah udah teriak-teriak. Aku masuk tiap hari jam 7.20, lewat dari itu berarti absenku bakal merah dan perjalanan Kotaraja - Entrop itu pasti aja macet. Hectic banget lah kalo pagi, apalagi kalo baju seragamnya belum di setrika dari malem, dijamin telat itu paginya.

Hhhmm, seru juga kerja di sekolahan. Mau telat atau bolos itu mikirnya harus lebih dari sekali karena selalu inget sama murid-muridku. Sebagai guru kan kita harus jadi contoh yang baik terlepas dari cara dan materi belajar yang dikasih di kelas. Hal ini makin aku sadari waktu beberapa minggu lalu aku dapat materi pembelajaran dari kepala sekolah waktu kumpul sama guru-guru baru tentang unconscious teaching kalo gak salah. Itu adalah pengajaran yang kita kasih ke murid atau anak yang tanpa kita sadari, contohnya: kalo misalnya kita gak berpakaian rapi pasti anak/ muridnya juga bakal gak rapi karena yang dilihat mereka itu kita. Terus kalo misalnya kita suka berjanji dan gak ditepati udah gitu pake acara ngeles, maka anak/murid juga suatu saat akan melakukan hal yang sama karena mereka pikir dengan say sorry everthing done, padahal kan gak selamanya gitu. Aku ketegur banget dengan materi ini. Aku yang males, yang berantakan, yang suka telat, dan lain-lain ini jadi harus lebih hati-hati dan memperbaiki diri. Gak lucu kan kalo nanti anak/muridku ngikutin yang jelek-jelek dariku. 

Semangat! Semangat!
Di Jayapura udah masuk menit ke 17 di hari Sabtu. Aku harus segera tidur. Besok sekolah libur, tapi teachers tetap masuk buat preparation ngajar minggu depan. Yang menyenangkan dari besok adalah gak perlu pake seragam ke sekolah juga masuknya jam 8 dan gak perlu pulang sampai jam 4. Oke deh.. See ya! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar